Home > Delphi Programming > Sejarah dan Perkembangan Bahasa Pemrograman Delphi

Sejarah dan Perkembangan Bahasa Pemrograman Delphi

Seharusnya ini menjadi postingan pertama dalam kategori Delphi. Tapi tak apalah. Bagi anda yang sedang dan ingin belajar atau sekedar ingin mengetahui tentang sejarah delphi, semoga tulisan ini bisa memberikan informasi yang berguna bagi anda.

Apa itu Delphi?

Borland Delphi adalah bahasa tingkat tinggi dan terkompilasi yang mendukung bahasa terstruktur serta Perancangan Berorientasi Object (OOD). Delphi menggunakan bahasa Pascal, sebuah bahasa terstruktur generasi ketiga. Delphi menawarkan gaya pemrograman yang bersih dan konsisten dan yang terpenting menghasilkan aplikasi yang lebih dapat diandalkan.

Pascal dan Sejarahnya

Asal usul Pascal bermula dari rancangan Algol, bahasa tingkat tinggi pertama yang mudah dibaca, terstruktur dan mendefinisikan sintax secara sistematis. Pada akhir tahun 1960-an (196x), beberapa usulan evolusi penerus algol dikembangkan. Salah satu yang paling sukses adalah Pascal, ditemukan oleh Prof Niklaus Wirth. Wirth mempublikasikan temuan asli Pascal pada tahun 1971. Mulai diimplementasikan di tahun 1973 dengan beberapa modifikasi.   Banyak fitur pascal yang berasal dari bahasa sebelumnya. Pernyataan Case dan parameter value-result berasal dari Algol, dan catatan struktur yang mirip dengan Cobol dan PL 1. Pascal menambahkan kemampuan untuk mendefinsikan tipe data baru secara lebih sederhana dari yang pernah ada. Pascal juga mendukung struktur data dinamis, contohnya : struktur data yang dapat tumbuh dan menyusut saat program berjalan. Bahasa ini dirancang untuk menjadi alat pembelajaran bagi siswa pada kelas pemrograman.

Pada tahun 1975, Wirth dan Jensen memproduksi buku referensi Pascal terakhir “Pascal User Manual and Report”. Wirth berhenti bekerja pada Pascal pada tahun 1977 untuk menciptakan sebuah bahasa baru, Modula – penerus Pascal.

Borland Pascal

Dengan dirilisnya Turbo Pascal 1.0 pada November 1983, Borland mulai perjalanannya dengan lingkungan pengembangan dan perangkatnya. Untuk menciptakan Turbo Pascal 1.0 Borland melisensikan kompilator inti pascal yang cepat dan murah, yang ditulis oleh Anders Hejlsberg. Turbo Pascal memperkenalkan  suatu Lingkungan pengembangan terintegrasi / Integrated Development Environment (IDE) dimana anda dapat mengedit code, menjalankan compiler, melihat kesalahan dan melompat kembali ke baris yang mengalami kesalahan. Kompiler turbo pascal telah menjadi salah satu compiler terlaris sepanjang waktu, dan membuat bahasa ini sangat popular pada platform PC

Pada tahun 1995 Pascal kembali dengan memperkenalkan lingkungan aplikasi bernama Delphi – mengubah pascal menjadi sebuah bahasa pemrograman visual. Keputusan yang strategis dengan membuat perangkat database dan konektivitas sentral dari produk pascal.

Permulaan Delphi

Setelah merilis Turbo Pascal 1, Anders bergabung dengan perusahaan sebagai seorang karyawan dan arsitek untuk semua versi dari kompiler Turbo Pascal dan tiga versi pertama dari Delphi. Sebagai kepala arsitek di Borland, Hejlsberg diam-diam merubah Turbo Pascal menjadi bahasa pengembangan aplikasi berorientasi obyek, lengkap dengan lingkungan yang benar-benar visual dan fitur akses database yang luar biasa

Mengapa diberi nama “Delphi”

Seperti yang dijelaskan dalam Museum artikel Borland, proyek dengan codename Delphi muncul pada pertengahan 1993. Mengapa Delphi? Sangat sederhana: “Jika Anda ingin berbicara dengan Oracle, pergilah ke Delphi”. Ketika tiba saatnya untuk memilih nama produknya, setelah sebuah artikel di ‘Windows Tech Journal’ tentang sebuah produk yang akan mengubah hidup programmer, nama terakhir yang diusulkan adalah AppBuilder. Sejak Novell merilis Visual AppBuilder, orang-orang Borland perlu mengambil nama lain, tetapi menjadi semacam komedi: semakin keras orang-orang berusaha untuk mengabaikan “Delphi” sebagai nama produk, semakin banyak nama tersebut mendapat dukungan. Setelah disebut-sebut sebagai “pembunuh VB” Delphi tetap menjadi produk landasan untuk Borland.

About these ads

Pages: 1 2 3

  1. udin
    December 28, 2009 at 3:09 pm

    saya ingin belajar pak .. tapi secara fasilitas saya sangat lah terbatas .. mohon petunjuk psikisnya ..

  1. January 18, 2013 at 6:38 pm
  2. May 31, 2012 at 11:48 am
  3. February 21, 2011 at 11:10 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: